Seperti kita ketahui, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah segala kegiatan yang dilakukan untuk menjamin dan melindungi keselamatan karyawan ketika melaksanakan pekerjaan. Dalam pelaksaann perlindungan tersebut salah satunya yang disebut medical check up. Sayang, tidak banyak perusahaan yang melakukannya walau pun perusahaan yang menerapkan system manajemen K3 dan yang mengadopsi OHSAS atau SMK3 PP no. 50 tahun 2012, wajib melakukan medical check minimal setahun sekali.

Kami SOS, memandang kesehatan kerja merupakan bagian dari keselamatan kerja yang harus menjadi prioritas. Untuk itulah, selain mengadopsi OHSAS atau SMK3, kami juga melaksanakan ketentuan yang dipersyaratkan. Bahwa perusahaan atau organisasi wajib memahami peraturan pemerintah setempat dan mematuhi aturan tersebut sebagai bagian dari legal complement.

Salah satu peraturan yang wajib dipatuhi adalah UU No. 01 tahun 1970  UU Nomor 21 Tahun 2003 dan UU Nomor 13 Tahun 2003. Dan dalam bagian UU No. 01 tahun 1970 tersebut, yaitu pada Pasal 8 ayat 1, mewajibkan pengurus atau perusahaan untuk memeriksakan kesehatan badan, kondisi mental dan kemampuan fisik karyawan sesuai dengan sifat-sifat pekerjaan yang ditugaskan. Hari ini, 18 Agustus 2018, Surabaya Branch melaksanakan amanant UU diatas untuk karyawan yang akan ditempatkan pada Project Santos Jaya Abadi (Kapal Api).

Selain amanat UU, medical check up juga merupakan salah satu komitmen SOS dalam memberikan layanan yang paripurna yang tidak hanya menghasilkan kualitas kerja yang bersifat fisik dan visual, namun hasil kerja juga dikendalikan dalam perencanaan management pengendalian resiko yang muncul di tempat kerja.

Berikut adalah manfaat medical check up bagi perusahaan:

  1. Memungkinkan Pencegahan Penyakit

Pemeriksaan kesehatan secara rutin bisa mendeteksi penyakit lebih awal, sehingga karyawan dan dokter kemudian dapat segera melakukan pengobatan untuk memutus rantai perjalanan penyakit.

  1. Meningkatkan Loyalitas Karyawan

Cek kesehatan sangat diperlukan karyawan untuk bisa mengontrol kesehatannya secara rutin, agar karyawan lebih mudah mengatur pola hidup, dan menjamin kehidupan yang lebih baik.

  1. Kinerja perusahaan lebih optimal

Jika kondisi kesehatan karyawan baik, tentu saja kinerja perusahaan juga akan lebih baik.

  1. Menghemat biaya

Medical check up bisa membantu deteksi lebih awal dan pengobatan yang dilakukan lebih awal pula, sebelum penyakit menjadi terlalu parah.

 

(Judy Christian BM Surabaya)